Minggu, 26 April 2020

35 Contoh Mobil Penggerak Roda Depan

Mantan KA UPTD
Mobil penggerak roda depan adalah mobil yang roda bagian depannya digunakan sebagai satu-satunya sumbu penggerak. Ini artinya hanya roda bagian depan yang memiliki tenaga puntir dan kecepatan serta terhubung langsung dengan putaran mesin sehingga mobil bisa bergerak dan melaju dijalan.

Pada sebagian orang, ada yang menyebut mobil penggerak roda depan ini dengan sebutan FWD yang merupakan singkatan dari Front Wheel Drive, sedangkan sebagian lagi ada yang menyebutnya kendaraan FF yang merupakan singkatan dari Front Engine Front Drive. Perhatikan gambar contoh mobil penggerak roda depan dibawah berikut ini.

Mobil penggerak roda depan adalah mobil yang roda bagian depannya digunakan sebagai satu 35 Contoh Mobil Penggerak Roda Depan

Meskipun begitu, apapun nama sebutannya, mobil penggerak roda depan tetap mengacu pada mobil yang mengeluarkan tenaga puntirnya hanya pada roda bagian depan saja. Berikut beberapa ciri mobil yang menggunakan penggerak roda depan
  • Ruang mesin umumnya ada di bagian depan mobil dengan posisi mesin yang dipasang melintang (tidak sejajar) lurus dengan bodi mobil.
  • Memiliki nilai Minimum Turning Radius (jarak sumbu putar) yang lebih besar akibat keterbatasan ruang gerak belok pada roda depan.
  • Menggunakan mesin dengan kapasitas kecil, umumnya tidak lebih dari 2000cc. Hal ini menyebabkan mobil penggerak depan banyak kita temukan pada mobil-mobil LCGC, sedan, Hatchback, MPV, dan beberapa medium SUV.


35 Contoh Mobil Penggerak Roda depan


Untuk lebih jelasnya, berikut 35 contoh mobil penggerak roda depan di Indonesia dari beberapa merek mobil yang sudah Ombro rangkumkan dari berbagai sumber.
  1. Chevrolet Aveo
  2. Chevrolet Captiva FWD
  3. Chevrolet Orlando
  4. Chevrolet Spin
  5. Chevrolet Trax
  6. Daihatsu Ayla
  7. Daihatsu Sigra
  8. Datsun Go
  9. Datsun Go +
  10. Honda Brio
  11. Honda BRV
  12. Honda HRV
  13. Honda Jazz
  14. Honda Mobilio
  15. Mazda 2
  16. Mazda CX-3
  17. Mazda CX-5
  18. Mazda Biante
  19. Mitsubishi Mirage
  20. Mitsubishi Xpander
  21. Mitsubishi Lancer
  22. Mitsubishi Outlander Sport
  23. Nissan Grand Livina
  24. Nissan Juke
  25. Nissan March
  26. Suzuki Baleno
  27. Suzuki Ertiga
  28. Suzuki Ignis
  29. Suzuki Karimun wagon
  30. Suzuki Swift
  31. Toyota Agya
  32. Toyota Calya
  33. Toyota Yaris
  34. Toyota Vios
  35. Wuling Cortez

Baca juga :

Demikianlah 35 contoh mobil penggerak roda depan yang banyak di temukan di Indonesia. Jumlah ini belumlah mencakup semua. Apalagi untuk seluruh dunia, maka akan lebih banyak lagi ditemukan contoh mobil penggerak depan lainnya. Demikianlah informasi yang bisa Ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat