Sabtu, 18 April 2020

Sifat Studi Geografi

Mantan KA UPTD
Ilmu pengetahuan dapat berkembang & terus bisa dipelajari apabila ada penelitian. Karya tulis disebut penelitian apabila disusun secara sistematis, logis, menyajikan fakta & bisa dipertanggungjawabkan. Demikian halnya dengan geografi, ilmu geografi mengkaji fenomena atau gejala yang terjadi di permukaan bumi. penelitian geografi berangkat dari peta.
 terus bisa dipelajari apabila ada penelitian Sifat Studi Geografi
Dalam geografi anda dapat mempelajari berbagai hal tentang kehidupan yang ada di bumi, fenomena-fenomena yang terjadi di muka bumi, & perubahan bentuk muka bumi. penelitian geografi adalah pengkajian fenomena di permukaan bumi dengan sudut pandang keruangan, kelingkungan, & kewilayahan.

Berikut ini contoh studi geografi, harap simak dengan cermat.

1. Studi Kependudukan
Studi kependudukan termasuk objek studi geografi. Studi kependudukan berkaitan dengan segala aspek yang berhubungan dengan tingkat kemakmuran penduduk, baik pada suatu wilayah tertentu maupun pada lingkup yang lebih luas. Ruang lingkupnya tidak hanya terbatas pada aspek demografi, namun juga aspek sejarah, geografi, psikologi, dll. Masalah kependudukan menyangkut aspek demografi, tradisi, mental, hubungan antarindividu, kemakmuran, keruangan, dll.

2. Studi Lingkungan
Studi lingkungan menyangkut gejala & masalah kehidupan manusia dalam kaitannya dengan lingkungan tempat kehidupan itu berlangsung. Studi lingkungan menerapkan konsep & prinsip ekologi serta ilmu sosial. Itulah sebabnya studi lingkungan bisa dikatakan sebagai penerapan ekologi manusia.

3. Studi Sosial
Studi sosial berkaitan dengan interaksi ilmu-ilmu sosial dalam menelaah gejala & masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Gejala sosial adalah gejala yang terjadi di masyarakat yang timbul oleh kondisi, tingkah laku, peristiwa, & sikap manusia sebagai makhluk sosial. Gejala sosial ini merupakan tanda pengungkapan aspek-aspek kehidupan manusia di masyarakat. Masalah sampah, kenakalan remaja, pengangguran, & kemacetan lalu lintas merupakan contoh gejala sosial. Apabila gejala sosial telah menjadi persoalan yang berat sehingga sulit diatasi disebut masalah sosial.

4. Studi dalam Bidang Transportasi & Komunikasi
Studi geografi dalam bidang transportasi & komunikasi merupakan studi tentang gejala & masalah geografi yang lebih dinamis dibandingkan mengkaji gejala pada lokasi tertentu. Dengan mengkaji transportasi & komunikasi, manusia dapat mengungkapkan difusi, interaksi keruangan, serta kemajuan atau keterbelakangan suatu daerah. Oleh sebab itu, pengembangan transportasi & komunikasi bisa digunakan sebagai sarana & prasarana untuk memajukan daerah terpencil.

Demikianlah artikel mengenai sifat studi geografi. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Good Luck!!!

Telah di Revisi.